Sabtu, 05 Juni 2010

Profil DetEksi


DetEksi Merupakan salah satu halaman dalam JAWA POS yang terbit mulai tanggal 26 Februari 2000 dibawah pimpinan seorang Redaktur yaitu Azrul Ananda.

Visi dan Misi DetEksi adalah untuk meningkatkan minat baca anak muda Surabaya serta mengkaderisasi pembaca JAWA POS lima sampai 15 tahun ke depan.
Pada tanggal 1 Agustus 2000 DetEksi menambah respondennya untuk wilayah Jakarta dengan membuka cabang DetEksi di Jakarta.

Halaman DetEksi

Halaman utama DetEksi terdiri dari tiga naskah utama yang berisi ulasan hasil poling dan pendapat responden, komentar pakar dalam “Bla Bla Bla”, tips seputar topik yang bersangkutan dengan sebutan “Tak Tik Tang”, dan boks yang berisi Share dan kolom bebas.

Sedangkan untuk halaman dua dan tiga, DetEksi selalu memunculkan tema-tema yang berbeda setiap harinya antara lain:

Senin: Game&Anime dan Cerpen

Ini adalah halaman yang membahas judul video game paling baru atau anime yang paling asyik. Kedua tema itu digabung karena dianggap saling berhubungan antara satu dengan yang lain.

Berdampingan dengannya adalah Cerpen. Halaman ini memuat karya tulis berupa cerpen dari para pembaca. Dan tulisan yang dimuat bakal mendapat honor dari DetEksi.

Selasa: Techno

Halaman Techno menampilkan sejuta informasi tentang teknologi terbaru. Ada handphone, komputer, sampai penemuan-penemuan crazy para pemilik otak cemerlang. Semuanya disajikan dalam dua halaman penuh.

Rabu: Otomotif

Di sini para pecinta otomotif dimanjakan dengan tulisan yang mengorek habis seluk beluk mobil, motor, dan semua yang berbau otomotif. Juga ditampilkan dalam dua halaman.

Kamis: Muzik

Halaman ini mengulas segala hal beraroma musik. Dari penyanyi sampai musiknya. Dari band dalam hingga luar negeri. Halaman ini juga ditawarkan dalam dua halaman.

Jumat: Movies dan Aidoru

Halaman ini berisi khusus tentang film. Yang utama adalah preview tentang film box office. Selain itu, ada pula review midnight yang diputar di bioskop Jakarta dan Surabaya pada akhir pekan dan juga ada DVD Choice yang DetEksi anggap menarik untuk ditonton. Film lokal juga punya porsinya sendiri.

Di sebelahnya, ada rubrik Aidoru yang diambil dari kata ”idol” sesuai pengucapan orang Jepang. Sesuai dengan namanya, yang dibahas mulai dari gosip hingga profil penyanyi, bintang film, maupun selebriti Asia.

Sabtu: Aime dan Toys&Hobby

Untuk topik yang berkutat pada urusan pacaran, dimuatnya ya di halaman Aime ini. ”Aime” artinya cinta dalam bahasa Prancis. So, apa yang ada di dalamnya nggak bakal jauh-jauh sama yang namanya cinta. Dan di sebelahnya termuat halaman khusus untuk penggemar mainan. Toys&Hobby menyediakan artikel tentang boneka sampai mobil-mobilan yang lagi ngetren.

Minggu: De-Style

Pada hari ini, yang namanya penampilan dan style diperbaiki sama kru DetEksi. Nggak hanya style baju yang nempel di badan. Tapi, dandanan dari muka, kulit badan, sampai ujung kaki juga dikorek. Terkadang, De-Style juga mengulas pernak-pernik atau semua yang berhubungan dengan tren anak muda.


Kru DetEksi

Sasaran pembaca DetEksi adalah kalangan remaja. Maka, kru yang bekerja di dalamnya juga berasal dari usia sebaya. Rata-rata para kru DetEksi memiliki kisaran usia antara 19 hingga 25 tahun.

Kru DetEksi sendiri berjumlah lebih dari 100 anak muda Surabaya dan Jakarta yang terdiri dari 1 Redaktur, 5 Koordinator, 1 Bendahara, 3 Editor, 15 Penulis, 5 Grafis, 2 Fotografer, 4 Petugas Entry Data dan 50 Surveyor.

Event DetEksi

Selama lima tahun DetEksi berdiri, DetEksi bukan hanya menawarkan halaman –halamannya saja, tetapi DetEksi juga menawarkan tiga event setiap tahunnya, event-event tersebut antara lain:

DetEksi Party (terakhir 2006)

Event ini bertujuan untuk menampung minat anak muda di bidang Seni dan musik, dalam event ini DetEksi mengundang beberapa artis ibukota, dan juga membuat audisi untuk band dan parodi.

DetEksi Mading Championship (Saat Ini Det-con)

Tujuan dari event ini adalah untuk menampung minat dan bakat anak muda khususnya di bidang jurnalistik.

DetEksi Basketball League

Event ini diadakan untuk menampung minat dan bakat anak muda dalam bidang Olahraga, terutama olah raga bola basket.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar